Search This Blog

Wednesday, September 2, 2009

How Does Brain Can Change Your Life

Bagaimana Otak dapat mengubah kehidupan kita...

Banyak yang bertanya kenapa ada banyak orang yang terlihat begitu mudah menjalani hidupnya... tidak perlu begitu berat perjuangan untuk dapat mencapai tuuan hidupnya.. sedangkan disisi lain, sekelumit orang justru telah berusaha mati-matian namun hasil yang diperoleh masih tidak sesuai harapan...

tentu anda pernah mendengar ungkapan bekerja, berusaha,dan berdoa... 3 hal ini sangat relevan dengan firman Allah swt. yang mengatakan bahwa "tidak akan berubah nasib suatu kaum kecuali dia sendiri yang mengubahnya.."

lalu apa hubungannya paragraph diatas dengan otak sebagai bagian penting dalam rancang bangun impian dan cita-cita kita?

OTAK
Otak adalah organ vital manusia yang letaknya didalam tengkorak kepala manusia.. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran . Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat mempengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. http://id.wikipedia.org/wiki/Otak#Otak_manusia

lihatlah dalam kehidupan sehari-hari anda betapa otak memainkan peranan penting dalam menentukan langkah selanjutnya dari apa yang telah kita tempuh. contoh, suatu hari kita secara tidak sengaja berkenalan dengan seseorang. kebetulan, orang tersebut sedang dalam keadaan bad mood padahal sebenarnya dia adalah orang yang bisa dikatakan ramah.. namun, yang pertama kali terekam diotak kita adalah kenalan baru saya ini adalah seorang yang berwatak keras misalnya. dari penilaian awal itu dapat kemudian berkembang menjadi sesuatu yang lebih tinggi yaitu pengetahuan kita terhadap kenalan baru itu!!!
jadi, pengetahuan seseorang, cara seseorang menjalani hidup, cara seseorang menyikapi masalah, mengambil keputusan, berbahasa, sikap, attitude, dll itu sangat tergantung dari apa yang tercitra pada otak saat pertama kali otak kita menerima rekam jejak mengenai suatu hal...

Dan, untuk tingkat yang lebih lanjut, bahkan Kepercayaan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat mempengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku/ tindakan mereka terhadap sesuatu.

Merubah pengetahuan seseorang akan sesuatu dipercaya dapat merubah perilaku mereka.

dulu saat masih usia sekolah, saya mempunyai pengetahuan bahwa hidup itu akan mengalir seperti air sehingga tidak perlu usaha besar untuk menuju suatu titik tertentu toh cepat atau lambat aliran hidup akan membawa kita ke titik itu.. sehingga ada masa-masa setelah lulus sekolah saya seperti tidak memiliki tujuan hidup dan menjalani semua hal sekenanya saja...

satu contoh lagi, saya mempercayai banyak mitos seperti pamali-pamali yang umum dikalangan masyarakat traditional.. dan itu juga berdampak nyata dalam kehidupan saya... contoh, saya pernah percaya bahwa menggunting kuku dihari sabtu akan membuat hari saya menjadi hari yang buruk.. jika tidak sengaja saya menggunting kuku dihari sabtu, maka setelah sadar saat itu pulalah saya yakin bahwa sesuatu yang buruk akan menimpa saya pada hari itu... dan, ternyata benar bahwa hari saya menjadi hari yang buruk sepanjang Sabtu itu.. lihatlah betapa kekuatan kepercayaan sebegitu dahsyatnya...

setelah beberapa saat menjalani kehidupan yang seperti itu, perlahan pengetahuan saya terhadap kehidupan mulai mengalami perubahan.. pada suatu malam saya tiba-tiba gelisah.. mengapa orang bisa bahagia? mengapa saat menonton film drama ada yang menangis dan ada pula yang tidak? mengapa ada nenek usia 80 tahun masih giat mencari nafkah? dan banyak pertanyaan lain tentang kehidupan...

saya pernah membaca sebuah buku yang judulnya the Secret Life of Water karya Masaru Emoto... taukah anda? menurut buku itu, air tidak hanya sekedar mengalir.. bahwa air yang terdiri dari molekul-molekul itu ternyata akan merespons sesuatu yang terpapar disekelilingnya.. jika terpapar oleh energi atau daya positif maka molekul-molekul air juga akan menjadi positif.. ini dibuktikan dengan beberapa photo hasil penelitian sang penulis. ada beberapa air yang dibisikkan atau diberi label yang mengandung kalimat atau kata yang positif dan ada pula yang dibisikkan atau diberi label yang berisi kali,mat atau kata yang positif. dan dengan menggunakan kamera khusus, molekul air diphoto dan terlihatlah perbedaan molekul air yang diberi kalimat positif dan negatif.. yang positif molekulnya indah dan simetris, sedangkan yang negatif molekulnya tidak berbentuk dan tidak simetris...

inilah awalnya saya mengubah sudut pandang saya terhadap kehidupan.. bahwa ternyata, jika kita berpikir positif, bertindak positif, berkata positif, maka insya Allah hidup kita juga akan positif...
Allah swt bahkan melarang kita untuk berburuk sangka... ternyata didunia modern telah terbukti kan?

apa sih susahnya berpikiran positif? ingat, apa yang kita tanam ya itulah yang kita tuai... kita berniat positif, maka hasilnya pasti positif...

ditulisan saya yang berikut akan saya ceritakan pengalaman saya mengenai pikiran positif yang berdampak positif...
off dulu yah...

No comments:

Post a Comment